Hasil Sengketa Bacaleg Limapuluh Kota, TMS Berubah Menjadi 13 Orang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota mengumumkan Hasil Sengketa Daftar Calon Sementara (DCS) yang sebelumnya diperkarakan oleh tiga Parpol ke Bawaslu. Dari 29 bacaleg yang sebelumnya Tidak Memenuhi Syarat (TMS), sekarang menjadi 13 bacaleg yang TMS.

Selebihnya, bacaleg dinyatakan lulus setelah dimediasi oleh Bawaslu. Termasuk Ketua PPP Kabupaten Limapuluh Kota, Harmen yang juga calon incumbent.

Keputusan KPU untuk meluluskan 16 bacaleg yang awalnya TMS ini setelah adanya perintah dari Bawaslu untuk mematuhi seluruh poin mediasi.

“Sebelumnya hasil ini diputuskan, KPU dimediasikan dengan tiga parpol yang kurang puas dengan hasil DCS oleh Bawaslu. Seluruh hasil poin mediasi,  diwajibkan untuk dipatuhi. Dari situ ada 16 bacaleg yang awalnya TMS, sekarang sudah Memenuhi Syarat (MS),” kata Komisioner KPU Limapuluh Kota Divisi Hukum dan Teknis Amfreizer kepada Covesia.com, Kamis (30/08/2018).

Untuk Partai PPP, dua dari tiga bacalegnya yang TMS dinyatakan MS, salah satunya Ketua PPP Kabupaten Limapuluh Kota, Harmen. Satunya lagi Bacaleg perempuan dari dapil I (Kecamatan Pangkalan Koto Baru dan Kapur IX). Artinya, kuota keterwakilan perempuan PPP di Dapil II terpenuhi dan bisa ikut serta dalam Pileg 2019 mendatang.

Sedangkan PSI, hanya 4 bacaleg yang tetap TMS. Untuk 14 Bacaleg lainnya dinyatakan MS. Kemudian PSI yang awalnya hanya mendapatkan dapil I dan II, sampai saat ini terbuka peluang untuk seluruh dapil.

Berbeda dengan PPP dan PSI, Partai Demokrat tidak memperkarakan persoalan TMS. Melainkan gelar sarjana bacaleg yang tidak tercantum dalam daftar nama DCS.

Dalam hal ini, KPU hanya memenuhi permintaan 14 nama bacaleg yang dimasukkan gelar sarjananya.

“Pertimbangan kami untuk mengakomodir kembali bacaleg ini, Karena banyak kondisi dilapangan yang bisa dimaklumi,” katanya.

Dengan adanya bacaleg TMS yang dinyatakan MS, berarti jumlah Bacaleg sementara bertambah yakni sebanyak 469 orang.

https://covesia.com/archipelago/baca/59099/hasil-sengketa-bacaleg-limapuluh-kota-tms-berubah-menjadi-13-orang

Kontributor Limapuluh Kota : Hajrafiv Satya Nugraha

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *