Nagari Koto Tuo Mengikuti Lomba HATINYA PKK

Koto Tuo – Minggu,  10 Maret 2019 Masyarakat Nagari Koto Tuo bergotong royong membersihkan pekarangan Kantor Wali Nagari Koto Tuo dan pekarangan rumah masing-masing. Selain untuk merapikan pekarangan agar rumah terlihat lebih bersih, kegiatan ini juga untuk mendukung Nagari dalam mengikuti Lomba HATINYA PKK yang akan dinilai pada Tanggal 18 Maret 2019 mendatang. Dalam Hal ini Wali Nagari Koto Tuo, Syahrial DT. Sinaro Panjang (65) berharap masyarakat memiliki kebun Sayur dan Toga dipekarangan masing-masing.

HATINYA PKK (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) merupakan suatu gerakan masyarakat implementasinya dengan memanfaatkan halaman di sekitar rumah dengan tanaman pangan dan tanaman produktif/ keras ( bernilai ekonomis tinggi ), minimal untuk memenuhi keperluan dan tabungan keluarga serta meningkatkan Tanaman Obat Keluarga (TOGA), tanaman hias yang berfungsi untuk keindahan dan kenyamanan rumah. Hatinya PKK dapat terwujud melalui sarana Gotong Royong seluruh keluarga dengan mengoptimalkan  Tanaman Pangan yang produktif  yang nantinya dapat Bernilai Ekonomi Tinggi serta dapat juga digunakan Sebagai Tabungan.

Pemanfaatan Pekarangan adalah pekarangan yang dikelola melalui pendekatan terpadu berbagai jenis tanaman, ternak, dan ikan. Sehingga akan menjamin ketersediaan bahan pangan yang beranekaragaman secara terus menerus, guna pemenuhan gizi keluarga yang dapat Berupa :
Lumbung Hidup, yaitu pekarangan ditanami dengan tanaman yang mengandung karbohidrat (Umbi- umbian, jagung, dll.) secara segar.
Warung Hidup, sebagian dari lahan pekarangan dapat ditanami sayur – sayuran dan buah – buahan yang dapat kita manfaatkan setiap hari.
Apotek Hidup, sebagian pekarangan dapat ditanami tanaman toga yang sewaktu – waktu dapat diperlukan sebagai pertolongan pertama apabila sakit.
Peternakan, sebagian halaman dimanfaatkan untuk beternak kelinci, unggas.
Perikanan, sebagian halaman dimanfaatkan untuk budidaya ikan (lele, gurami, nila, belut, dll).
Tabungan, sebagian halaman ditanami dengan tanaman bernilai ekonomi tinggi seperti kayu jati, kelapa, sengon,dll.

Ny. Fatimah SY selaku Ketua PKK Nagari Koto Tuo mengatakan ” Jangan mengikuti kegiatan ini hanya karena lomba saja, tetapi karna kebutuhan keluarga, jika masing-masing rumah sudah memiliki kebun Sayur dan Toga tentunya akan lebih baik, karena masyarakat tidak perlu membeli lagi, selain mengurangi pengeluaran, sayur yang dipetik dari kebun sendiri lebih segar dan lebih terjaga kehigienisannya.”

Gambar 1. Gotong royong membersihkan pekarangan Kantor Wali Nagari Koto Tuo

 

Penanaman beraneka sayuran di pekarangan

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *