Jorong

Nagari Koto Tuo terletak di Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota,  memiliki luas 2010 Ha.  Nagari yang cukup luas ini, secara administratif terbagi ke dalam 4 Jorong yakni Jorong Koto Tuo, Jorong Tanjung Pati, Jorong Pulutan dan Jorong Padang Rantang.  Nagari Koto Tuo berbatas sebelah Utara dengan Nagari Sarilamak dan Gurun, sebelah selatan dengan Kelurahan Ampang Tanah Sirah, sebelah timur dengan Nagari Batu Balang,  sebelah Barat dengan Nagari Lubuak Batingkok. Masing-masing Jorong dipimpin oleh seorang Kepala Jorong yang menjadi perpanjangan tangan Wali Nagari kepada masyarakat di setiap jorong.

Diantara Jorong-jorong itu adalah:

1. Jorong Koto Tuo

Jorong Koto Tuo merupakan wilayah jorong yang tertua di Kenagarian Koto Tuo. Di Jorong inilah setiap tahun diperingati salah satu peristiwa heroik yang terjadi tanggal 10 Juni 1949 yaitunya Peristiwa Koto Tuo Lautan Api yang sekarang sudah ditetapkan Bupati Lima Puluh Kota sebagai salah satu rangkaian Peristiwa Bersejarah yang ada di Luak Nan Bungsu ini. Saat ini Jorong Koto Tuo dipimpin oleh seorang Kepala Jorong yang merupakan salah seorang tokoh Pemuda di Jorong tersebut, sehingga dengan semangat mudanya beliau bisa menggerakkan masyarakat Jorong Koto Tuo untuk lebih aktif dalam memajukan Jorong Koto Tuo khususnya, dan kemajuan Nagari Koto Tuo pada umumnya.

Kepala Jorongnya yaitu: Yopi Hendra

2. Jorong Padang Rantang

Jorong Padang Rantang adalah salah satu Jorong di Kenagarian Koto Tuo yang letaknya dipisahkan oleh aliran Batang Sinamar dari jorong yang lainnya. Namun hal itu tidaklah menjadi penghalang bagi warga masyarakat Jorong Padang Rantang ini untuk tetap menjaga silaturrahmi antara sesama warga masyarakat Nagari Koto Tuo berkat adanya sebuah Jembatan Gantung yang menghubungkannya dengan jorong lainnya. Jorong ini merupakan Jorong yang tingkat swadaya dan keaktifan masyarakatnya sangat tinggi. Jorong ini pernah ditunjuk menjadi utusan Nagari Koto Tuo Kec. Harau Kab. Lima Puluh Kota pada perlombaan di Tingkat Provinsi, sehingga masyarakat Jorong Padang Rantang ini sangat bersemangat dan aktif dalam merawat kebersihan, keindahan, dan ketertiban wilayah jorongnya.

Kepala Jorongnya yaitu: Andra Eka Putra

3. Jorong Pulutan

Jorong Pulutan ini merupakan jorong yang terluas dan terpadat penduduknya dibanding dengan jorong yang lainnya. Dengan lokasinya yang terletak di samping jalan Sumbar – Riau dan banyaknya kantor-kantor pelayanan umum yang terletak di Jorong ini membuat Jorong Pulutan menjadi lebih diminati masyarakat sebagai tempat tinggal. Hal ini terbukti dengan jumlah penduduk jorong ini yang berjumlah hampir 40% penduduk Nagari Koto Tuo.

Kepala Jorong Pulutan saat ini adalah : Muklis

4. Jorong Tanjung Pati

Jorong Tanjung Pati adalah salah satu Jorong di Kenagarian Koto Tuo yang merupakan wilayah yang cukup padat. Hal ini disebabkan letak Jorong Tanjung Pati yang sangat strategis dibanding Jorong lainnya. Jorong Tanjung Pati ini adalah Jorong yang terletak di kiri Kanan Jalan Sumbar – Riau yang merupakan Jalan Provinsi yang cukup ramai dilewati para pengendara yang hendak pergi dan pulang dari Provinsi Tetangga yaitunya Provinsi Riau. Selain itu, Jorong Tanjung Pati ini adalah Jorong yang lansung berbatasan dengan Kota Payakumbuh.

Kepala Jorong Tanjung Pati saat ini adalah: Irman