Pertanian

Nagari Koto Tuo terletak di Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota,  memiliki luas 2010 Ha.  Nagari yang cukup luas ini, secara administratif terbagi ke dalam 4 Jorong yakni Jorong Koto Tuo, Jorong Tanjung Pati, Jorong Pulutan dan Jorong Padang Rantang.  Nagari Koto Tuo berbatas sebelah Utara dengan Nagari Sarilamak dan Gurun, sebelah selatan dengan Kelurahan Ampang Tanah Sirah, sebelah timur dengan Nagari Batu Balang,  sebelah Barat dengan Nagari Lubuak Batingkok.

Nagari Koto Tuo memiliki topografi yang mayoritas daerah dataran. Keadaan tanah di Nagari Koto Tuo sangat bervariasi. Tingkat kesuburan bervariasi dari tingkat kesuburan rendah sampai pada tingkat kesuburan sedang dengan pH rata-rata antara 4,1 sampai 5,0 dengan kandungan bahan organik yang rendah.

Di Nagari Koto Tuo terdapat 1 buah sungai yaitu Batang Sinamar yang melalui beberapa Jorong, diantaranya adalah Jorong Koto Tuo, Padang Rantang dan Jorong Tanjung Pati.

Sebagaimana iklim Kabupaten Lima Puluh Kota, Nagari Koto Tuo juga memiliki iklim sedang dengan suhu rata-rata 240-280 C dan memiliki curah hujan rata-rata 2500-3000 mm dengan jumlah hari hujan mencapai 190 hari pertahun dan penyebaran hujan relatif merata setiap bulan.

Sektor pertanian terdiri dari beberapa sub sektor yang mencakup tanaman pangan dan hortikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan, yang pada dasarnya berbasiskan sumberdaya domestik yang dapat diperbaharui (renewable resources). Sektor pertanian memiliki keunggulan komparatif yang tinggi dan cenderung lebih tahan terhadap krisis ekonomi.

Subsektor Tanaman Pangan dan Hortikultura

Tanaman padi salah satu  komoditi utama hasil pertanian di Nagari Koto Tuo disamping komoditi lain.  Berikut ini luas pertanaman beberapa komoditi utama tanaman pangan dan hortikultura di Nagari Koto Tuo.

Pengamatan dilapangan menunjukkan bahwa luas areal pertanaman komoditi Tanaman Pangan dan Hortikulutra cenderung menurun, terutama komoditi Padi Sawah.  Hal ini disebabkan meningkatnya alih fungsi lahan terutama di Jorong Koto Tuo, Jorong Pulutan dan Jorong Padang Rantang.